Tempat Wisata di Padang Yang Menakjubkan

Dalam artikel ini, kami ulas seputar tempat wisata di Padang yang mempesona, serta layak untuk anda kunjungi. Siapa yang tidak mengenal Malin Kundang? Cerita si anak durhaka dari ranah Minang ini telah melegenda di seantero nusantara. Namun, di sini tentu tidak akan mengulas tentang cerita rakyat tersebut, tetapi kota asalnya, yakni Padang.

Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, Padang memiliki ragam budaya yang kental hingga saat ini. Tak hanya itu, kota yang pernah diguncang gempa hebat beberapa tahun lalu ini ternyata juga menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Mulai dari tempat wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alam hingga tempat wisata yang menjadi ikon kota dengan nilai sejarah tinggi.

Tempat Wisata di Padang

Penasaran apa saja tempat wisata di Padang ? Berikut 13 tempat wisata di Padang dengan keindahan alam yang memukau dan patut anda kunjungi.

1. Pantai Aie Manih

Pantai Aie Manih dalam bahasa lokal yang memiliki arti Pantai Air Manis merupakan tempat wisata di Padang yang sangat terkenal. Di sinilah legenda Malin Kundang berakhir, yang dikutuk menjadi batu karena telah durhaka kepada ibundanya. Di pantai ini terdapat batu yang menyerupai orang yang sedang bersujud.

Masyarakat setempat percaya bahwa batu tersebut merupakan sosok si anak durhaka yang tidak mengakui ibunya. Tentu tak hanya batu Malin Kundang yang membuat pantai ini menarik, tetapi juga suguhan panorama pantai yang memang indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya. Selain itu, ombak pantai yang tidak terlalu besar sehingga relatif aman bagi wisatawan.

2. Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek – Bagi Anda yang gemar bertualang dan mencari tantangan, tempat wisata di Padang yang satu ini mungkin bisa Anda taklukkan. Air terjun Tigo Tingkek atau Tiga Tingkat ini berada di Desa Cendikar. Tempat wisata ini cenderung masih perawan, keindahan panorama alamnya begitu alami dan asri. Tak banyak yang mengetahui keberadaan pesona alam yang satu ini.

Hal ini disebabkan sulitnya mengakses air terjun Tigo Tingkek. Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, Anda harus melalui jalan yang terjal bahkan disertai dengan merangkak karena akses jalannya yang licin. Namun, kesulitan tersebut langsung terobati begitu Anda sampai di lokasi. Oleh sebab itu, tempat wisata ini kurang cocok untuk wisata keluarga, karena berbahaya untuk anak-anak.

 3. Danau Maninjau

Danau Maninjau dikenal sebagai danau terbesar kedua di provinsi Sumatera Barat setelah Danau Singkarak. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Jaraknya dari Kota Padang cukup jauh yakni 140 km. Meski begitu, bagi para traveller tentu jarak bukanlah masalah penting untuk bisa menikmati panorama alam danau yang indah dan tentunya memberikan kesan tersendiri.

4. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan tempat wisata di Padang lainnya yang wajib masuk dalam destinasi wisata Anda ketika berkunjung di kota ini. Keindahan alamnya yang seolah tiada tara menarik minat para investor asing untuk mengembangkannya. Dan benar saja, pulau ini telah dikembangkan menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia.

Tak heran jika banyak fasilitas yang melengkapi tempat wisata ini. Mulai dari resort yang menyediakan bungalow untuk tempat menginap hingga fasilitas penunjang untuk kegiatan diving, fishing, dan juga snorkeling. Tak hanya itu, tersedia pula motor boat yang siap menemani wisatawan bertualang menikmati keasyikan permainan air di pulau ini.

5. Lembah Anai

Panorama eksotis di Padang lainnya disuguhkan oleh Lembah Anai. Tempat wisata di Padang yang satu ini merupakan salah satu andalan pariwisata Kota Padang. Letaknya berada di Jalan Trans Sumatera yang berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Padang.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah keberadaan 3 air terjun yang masing-masing menyajikan keindahan alam tersendiri. Dari ketiga air terjun yang ada, satu yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yaitu air terjun Lembah Anai yang memiliki ketinggian 35 meter.

6. Jam Gadang

Meski tidak tepat berada di Kota Padang, namun Jam Gadang justru menjadi ciri khas dari pariwisata Kota Padang. Sebenarnya lokasi Jam Gadang terletak d Kota Bukittinggi.

Meski demikian, Jam Gadang menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Bangunannya yang unik berupa menara dengan bentuk atap khas Minangkabau memiliki pesona tersendiri.

Tak hanya terkenal dengan cerita legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya, Kota Padang juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa dan siap bersaing dengan daerah lain di Indonesia bahkan negara dunia lainnya. Banyak ragam pesona wisata yang dapat disajikan oleh Kota Padang, mulai dari wisata pantai, sejarah, hingga alam. Setiap tempat wisata berpeluang untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara dengan keindahan alam yang tersimpan di dalamnya.